FITUR ANTI-BAJAK MEMUSINGKAN?

 

altFitur Anti-bajak memang merupakan fitur penting dan berguna, tetapi kalau tidak dicermati dengan baik bisa jadi "senjata makan tuan" alias memusingkan. Sejatinya fitur anti-bajak atau anti-carjacking dibuat untuk menghadapi suatu kondisi dimana terjadi perampasan ditengah jalan. Namun banyak pengguna car alarm atau alarm mobil yang suka fitur anti-carjacking yang dirasa "keren" dan "canggih" tanpa mengetahui cara kerja dan bagaimana menggunakannya. Sehingga pada saat anti-carjacking bekerja yang ada menjadi panik dan ujung-ujungnya menyalahkan produk alarmnya. Jadi benarkah fitur anti-bajak atau anti-carjacking memusingkan?

SEJARAH ANTI-BAJAK ATAU ANTI-CARJACKING

Bermula dipertengahan tahun 90-an modul perampasan mobil sering terjadi di negara amerika yaitu pada saat lampu merah sang perampok menodongkan pistolnya dan memaksa pengendara keluar dari mobilnya dan mobil kemudian dibawa kabur!! kalau sudah begitu tentun pakai alarm canggihpun jadi mati kutu. Dari kejadian tersebut lahirlah fitur Anti-carjacking atau anti-bajak.

Versi awal dari fitur anti-carjacking adalah bekerja secara otomatis yaitu setelah menonaktifkan alarm dan menstarter mesin, maka pengendara harus nonaktifkan anti-carjacking yang telah siap melindungi dari usaha perampasan mobil. Terlihat cukup bagus tetapi pengendara diharuskan tetap mengingat untuk menonaktifkan anti-jacking ini setiap kali menurunkan penumpang atau membuka pintu pada saat mesin sedang hidup. Disinilah letak permasalahan yang membuat pusing karena bagaimana jika mobil digunakan oleh orang yang tidak paham atau tidak mengetahui adanya fitur tersebut?

Saat ini versi otomatis sudah jarang sekali digunakan oleh alarm yang berfitur anti-carjacking/anti-bajak ini, sebagai gantinya adalah yang bersistim diaktifkan oleh pengendara sendiri pada saat mengendarai mobil jadi si pengendara tahu dengan jelas bahwa ia telah mengaktifkan fitur anti-carjacking sehingga sudah bisa mengantisipasinya jika secara tidak sengaja anti-carjacking berfungsi.

 

URUTAN BEKERJANYA ANTI-BAJAK

Begitu anti-carjacking telah diaktifkan, maka yang terjadi adalah sistim ini akan menunggu dan mengawasi pintu. Jika ada salah satu pintu yang terbuka maka sistim akan memulai urutan pengaktifan anti-carjacking. Biasanya urutan anti-carjacking dari mode siaga adalah:

1. Periode pemberitahuan: periode ini hanya berupa pemberitahuan bahwa sistim anti-carjacking sudah mulai bergerak aktif. Masih bisa di nonaktifkan dengan remote.

2. Periode peringatan: periode ini adalah peringatan terakhir yang harus segera di nonaktifkan dengan remote.

3. Periode aktif: periode ini sudah membuat alarm berbunyi dan remote tidak bisa digunakan lagi untuk menonaktifkan sistim anti-carjacking. 

4. Periode anti-starter aktif: begitu mesin dimatikan maka anti-starter akan aktif dan mobil tidak dapat distarter kembali. Diperlukan upaya menonaktifkan sistim anti-carjacking terlebih dahulu.

 

Kini Anda telah mengetahui bagaimana cara Anti-Bajak bekerja kini tergantung pilihan Anda apakah perlu menggunakan fitur anti-carjacking/anti-bajak atau tidak.

 Print  Email

Add comment

No Sara, Sex, and Politics


Security code
Refresh

About Us

Alarmmobil.com sesuai namanya adalah merupakan perusahaan yang menjual produk pengaman mobil khususnya alarm mobil

Read more

logo

Alarm mobil

Photographer

Info@alarmmobil.com

Offices: +62 21 6457770
Fax: +62 21 6455655
Cell: +62 21 95027770
YM: alarmmobil1
Skype: alarm mobil 1
WeChat: alarm mobil 1

Komplek Rukan Permata Ancol Blok E No.31

JL. RE Martadinata Jakarta Utara DKI Jakarta 14420 INDONESIA

Copyright 2014 by alarmmobil.com - all rights reserved

logo