TEKNOLOGI ALARM KEYLESS

Saat ini banyak sekali mobil yang sudah dilengkapi dengan remote untuk membuka dan menutup pintu mobil, sistem remote ini disebut keyless entry.

Remote keyless entry ini berbeda dengan remote alarm Original Equipment (OE), di mana remote alarm OE adalah sistem alarm yang sama dengan alarm aftermarket tetapi telah disederhanakan pengkabelannya dalam satu paket penjualan unit mobil dari ATPM atau dealer utama. Sedangkan, sistem keyless entry adalah sistem untuk membuka tutup central lock melalui remote yang dikeluarkan oleh pabrik mobil yang sudah terintegrasi secara rapi dengan unit sistem kelistrikan mobil tersebut. Sistim remote keyless entry ini belum tentu ada sistim alarm atau hanya alarm standar.

APA ITU ALARM KEYLESS UPGRADE?

Alarm keyless pada dasarnya adalah sebuah "unit alarm" tambahan tanpa remote yang dihubungkan agar dapat "bekerja sama" dengan remote bawaan mobil sekaligus meng-upgrade tingkat proteksi dari mobil tersebut. Produk alarm ini biasanya disebut keyless entry upgrade sistem. Alarm keyless berbeda dengan alarm kebanyakan (aftermarket), di mana alarm keyless ini menggunakan remote bawaan dari mobil untuk pengoperasiannya, sehingga tidak terlalu diperlukan pengetahuan tambahan tentang fungsi-fungsi tombol Remote. Gunakan seperti biasa remote bawaan mobil dan alarm mengikuti aturan baku dari sistem pengamanan, yaitu kunci (lock) berarti alarm diaktifkan dan buka (unlock) berarti alarm nonaktif

SEJARAH DAN PERKEMBANGAN DI INDONESIA

Sistem alarm keyless entry pada dasarnya bukan barang baru lagi, sistem ini sudah ada belasan tahun yang lalu (pertengahan tahun '90-an). Akan tetapi, karena pada saat itu pemakaian remote keyless (kunci mobil yang sudah ada remote dari pabrik) baru sedikit sekali dan hanya terbatas pada mobil keluaran Eropa, maka produk tambahan ini belum begitu dikenal oleh masyarakat luas. Baru ditahun 2000-an produksi mobil sudah banyak yang dipaketkan dengan remote keyless, bahkan untuk kelas entry sekalipun.

PERLUKAH MENGGUNAKAN ALARM KEYLESS ?

Sistem keyless entry pada dasarnya sudah memiliki sistem pengaman (alarm), tetapi karena fungsi dari keyless itu sendiri yang berarti "tanpa kunci" atau meminimalkan penggunaan kunci untuk proses tutup-buka central lock maka sistem pengamannya pun standar. Biasanya, jika mobil sudah ditutup/kunci melalui remote dan ada pencuri yang mencongkel pintu kanan depan, maka tidak akan membunyikan klakson dari sistem bawaan keyless ini. Selain itu, karena bukan diposisikan sebagai alarm, maka tidak ada sirine pada sistem ini. Untuk itulah bagi pemilik mobil yang ingin proteksi lebih, tetapi tetap dengan kenyamanan mengoperasikan remote standar mobil maka diperlukan alarm keyless ini.

APA PERBEDAAN MENGGUNAKAN ALARM KEYLESS DENGAN ALARM AFTERMARKET PADA MOBIL BERSISTEM KEYLESS ?

  1. Alarm keyless tetap mempertahankan remote standar mobil untuk pengoperasiannya. Remote standar memiliki keunggulan yang tidak dimiliki alarm aftermarket, yaitu desain yang elegan, mudah penggunaanya, hemat baterai, dan mempunyai durability yang lebih baik, karena telah melewati tahap uji coba yang ketat.
  2. Tidak ada sistem yang "dikorbankan". Menggunakan alarm keyless berarti tetap menjaga sistem pengaman bawaan mobil (jika ada) ditambah dengan pengamanan dari alarm keyless. Dengan alarm aftermarket, maka mau tidak mau sistem keyless entry pada mobil harus dinonaktifkan/remote standar pabrik tidak dipakai.
  3. Tidak diperlukan pengetahuan berlebih tentang fungsi-fungsi alarm dan pengoperasiannya, yang kadang-kadang akan lebih memusingkan si pemilik mobil.

ALARM KEYLESS ENTRY UPGRADE APA YANG SESUAI ?

Saat ini banyak produk alarm yang mengklaim sebagai alarm keyless, tetapi benarkah itu ? Dan, seberapa baik sistem kerjanya agar dapat "bekerja sama" dengan remote bawaan mobil ? Alarm keyless haruslah berfungsi sama seperti alarm aftermarket untuk sistem proteksinya. Akan tetapi, kadang-kadang "sistem" ini tidak tidak berfungsi benar dikarenakan keterbatasan dari produk itu sendiri atau pengerjaannya yang kurang sesuai. Ringkasnya, bila alarm keyless telah terpasang dengan benar, maka oada saat alarm aktif jika ada usaha pencurian melaui pintu (biasanya pencuri pasti membuka melalui pintu kanan depan) maka sistem alarm haruslah bekerja, yaitu sirine berbunyi. Jika hal ini tidak terjadi, itu sama saja tidak ada sistem alarm tambahan atau sama saja dengan sistem bawaan dari mobil itu. Atau, misalnya sistem alarm keyless telah "bisa" membuat alarm berbunyi, tetapi ketika pencuri tahu ini adalah alarm tambahan dan mencoba menonaktifkan dengan mengoperasikan switch unlock pada pintu maka, jika alarm bisa di nonaktifkan dengan cara tersebut, dapat dipastikan bahwa keyless itu bermasalah. Seperti diketahui bahwa sistem keyless bekerja dengan menggunakan logika yang sama dengan proses tutup-buka, sehingga banyak produk keyless yang hanya terfokus pada proses tersebut tanpa memperhatikan unsur keamanan yang sesungguhnya.

Saat ini salah satu produk alarm keyless, yaitu model X-press dari G-FORCES menawarkan fitur dan perlindungan yang cukup untuk mobil bersistem keyless. Beberapa fitur yang menarik, diantaranya adalah :

  1. Tersedia opsi mengunci pintu, ketika pedal ditekan/diinjak (saat mesin hidup tentunya), yang akan selalu menjaga pintu terkunci ketika berkendaraan. Fitur ini dapat diaktifkan, bila mobil tidak memiliki sistem autolock bawaan.
  2. Sensor getar level 2, yaitu mendeteksi getaran pelan dan keras. Jika getaran masih batas pelan, maka sirine hanya akan memberikan peringatan bunyi chirp. Akan tetapi, jika keras (yang bisa merusak bodi mobil), maka sirine ajab berbunyi layaknya alarm menyalak.
  3. Hemat energi, yang pada kebanyakan mobil bersistem keyless, lampu sein akan berkedip pada saat pintu ditutup/buka melalui remote. Alarm G-FORCES X-press tidak ikut memberikan suplai arus untuk lampu sein tersebut, kecuali alarm berbunyi.
  4. Switch valet berdesain rata sehingga cocok untuk interior mobil.
  5. Opsi tambahan untuk microwave sensor 2 level (sensor gelombang mikro eksterior dan interior mobil) dengan sistem socket plug-in.

 Print  Email

Add comment

No Sara, Sex, and Politics


Security code
Refresh

About Us

Alarmmobil.com sesuai namanya adalah merupakan perusahaan yang menjual produk pengaman mobil khususnya alarm mobil

Read more

logo

Alarm mobil

Photographer

Info@alarmmobil.com

Offices: +62 21 6457770
Fax: +62 21 6455655
Cell: +62 21 95027770
YM: alarmmobil1
Skype: alarm mobil 1
WeChat: alarm mobil 1

Komplek Rukan Permata Ancol Blok E No.31

JL. RE Martadinata Jakarta Utara DKI Jakarta 14420 INDONESIA

Copyright 2014 by alarmmobil.com - all rights reserved

logo