Modul Auto-lock untuk Nissan, Dicolok Langsung Ngunci

Jakarta - Pemilik Nissan mulai dari kelahiran 2008 masih belum dilengkapi fitur auto-lock. Jadi, pintu mesti dikunci sendiri atau melalui tombol central lock pada panel trim pintu. Nah, untuk memudahkan, tak ada salahnya lihat modul auto-lock yang ditawarkan PT Niaga Indah Permai (gbr.1). “Modul ini akan mengunci pintu ketika pedal rem diinjak,” terang Anthony Lauw, pemilik merek yang membuat fitur ini. Tentu ada syaratnya, tidak setiap injak rem pintu akan mengunci. Hanya saat semua pintu dalam kondisi tertutup dan kunci kontak dalam posisi On atau mesin hidup (gbr.2).

 

Enaknya, modul mungil seharga Rp 500 ribu ini tidak butuh pemasangan khusus. “Tinggal dicolok ke soket OBD II,” ungkap pria berkacamata ini. Hanya saja, agar berfungsi benar, mesti diyakinkan kunci kontak masih dalam posisi Off ketika modul dicolok ke soket OBD II. Oh iya, misalkan saja ada salah satu pintu sisi penumpang yang dibuka manual lalu ditutup. Saat pedal rem diinjak lagi, hanya mekanisme pengunci pintu yang telah terbuka itu tadi yang akan mengunci kembali. Tujuannya, supaya sistem pengunci pintu tidak bekerja dua kali untuk memperpanjang usia pakai.

 
Nah, dipraktekkan di Nissan X-Trail keluaran 2009. Otomotifnet langsung memasang modul ini pada soket OBD II yang berada di bagian bawah cover plastik dasbor sisi pengemudi (gbr.3). Serunya, modul ini bisa digunakan untuk segala jenis Nissan seperti Serena, Juke ataupun March.Setelah terpasang, fitur auto-lock akan langsung aktif. Pun begitu, kalau lagi tak ingin menggunakan atau misalkan saja mobil harus ke bengkel untuk servis. Modul tinggal langsung dicabut agar mekanik bisa melakukan perawatan yang membutuhkan soket OBD II (gbr.4).
 
Nah, jangan khawatir juga kalau pintu akan selalu terkunci. Karena terhubung dengan OBD II, jadi modul ini akan membaca seluruh data ECU. Nah, ketika mobil berjalan dengan kecepatan lebih dari 60 kpj dan berhenti dalam waktu kurang dari 2 detik. Demi safety, modul akan membaca bahwa mobil terlibat dalam kecelakaan dan akan memerintahkan central lock untuk terbuka semua kunci pintu. Tujuannya, agar orang luar bisa melakukan rescue untuk menolong pengemudi atau penumpang. • (otomotifnet.com)
Sumber :

 Print  Email

Add comment

No Sara, Sex, and Politics


Security code
Refresh

About Us

Alarmmobil.com sesuai namanya adalah merupakan perusahaan yang menjual produk pengaman mobil khususnya alarm mobil

Read more

logo

Alarm mobil

Photographer

Info@alarmmobil.com

Offices: +62 21 6457770
Fax: +62 21 6455655
Cell: +62 21 95027770
YM: alarmmobil1
Skype: alarm mobil 1
WeChat: alarm mobil 1

Komplek Rukan Permata Ancol Blok E No.31

JL. RE Martadinata Jakarta Utara DKI Jakarta 14420 INDONESIA

Copyright 2014 by alarmmobil.com - all rights reserved

logo